Semua tipe kenalpot racing adalah free flow.
Sekat-sekatnya lebih sedikit dibanding standar. Itu gas sisa pembakaran
lebih cepat dibuang. “Kualitas terbagus yang mampu menaikkan tenaga 10-20%, tetap butruh setting,” kata
Edi Sauntasa dari bengkel Shan Motor Racing di Jln. S. Parman,
Banjarnegara, Jateng seraya bilang lonjakan tenaga paling terasa di
putaran 3.000 rpm ke atas.
Abis itu nggak
disetting nggak ada yang larang. Tetapi ingat pengantar tulisan ini.
Lagian saat ini, kenalpot terkenal pada kemasannya sudah ada yang dijual
bersama spuyer. “Kadang pembeli kenalpot tidak mau pusing setting
sendiri, kasihan mesinnya. Makanya kami lengkapi sesuai uji coba
pembuatan dan peruntukkannya,” kata Pak Eko bagian marketing AHRS di
Depok.
Eh ternyata eh ternyata, caranya simpel, “Asal sekadar dipakai seputaran kota dan rpm bawah cukup ganti pilot-jet naik 1 step dari standar. Honda Supra misalnya dari ukuran asli 38 ganti 40. Juga setting ulang putaran angin dari 1-1,5 putaran balik,” urai Edi yang hobi bertrail adventure itu.
Nah, untuk ganti pilot jet, tinggal bongkar saja karburatornya. Lupa? Coba baca lagi tulisan tentang bebersih karbu. Tapi untuk atur putaran angin, ya, sudah banyak tulisannya. Tapi, tak apa pula diperagakan kembali.
Caranya, putar sekrup angin searah jarum jam hinga mentok. Lalu, putar gas dan tahan di rpm 3000, baru kemudian putar sekrup angin berlawan arah atau putar balik (turn out). Disebut 1,5 putaran itu sama dengan sekrup berputar tiga kali atau 180o x 3.
Jangan lupa untuk memperpanjang usia kenalpot racing ada caranya. “Sebelum dipasang diolesi oli bekas dulu pada leher knalpot. Fungsi oli ini menjadi sepuhan minyak pada material kenalpot. Setelah knalpot dipasang hidupkan mesin dalam 2 menit, dan oli akan menguap akibat panas,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar