Minggu, 28 Juli 2013

Tips Karburator Mio, Menghindar Mbrebet Di Musim Hujan


Plastik yang ada tanda panah itu yang dicopot

ManiakMotor-Sejatinya setiap komponen di karburator Yamaha  Mio, punya fungsi masing-masing. Itu telah dipikir matang-matang oleh perancangnya di  Jepang sono. Termasuk komponen yang berfungsi menutup pilot-jet dan main-jet berbahan plastik.
Hehe.. maaf reporter-nya nggak ngerti nama teknik komponen yang dimaksud. Sudah bolak balik klik Mbah Google juga nggak ketemu nomor komponennya. Yang jelas, plastiknya dibaut bersama main-jet dan bulatannya menutup pilot-jet.
Aneh bin ajaib oleh Syahrul Salam, komponen ini justru ‘disinyalir’ menjadi biang Mio-nya mogok. “Terutama pada saat musim hujan begini. Perbedaan suhu pada bagian plastik itu, setelah saya amati justru muncul embun. Air hasil pengembuan itu yang bikin performa motor kurang, jadi mbrebet,terang guru teknik sepeda motor di SMK Panca Bhakti, Banjarnegara, Jawa Tengah ini.
Dari situ,  SYS sapaan akrab si doi menyimpulkan dan sekaligus bereksperimen langsung,“Lebih baik dilepas saja, nyatanya kerja karbu kembali normal walau musim hujan. Tapi saat musim panas saya kembalikan lagi,”yakin dia sambil bilang untuk melepas komponen tak susah tinggal dilepas dulu pilot jet dan main jet-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar