Minggu, 28 Juli 2013

Oli JASO MB Dan MA Awas.... Ketukar..!




Jaso MA.
ManiakMotor – JASO yang tertulis di kaleng atau botol oli adalah singkatan dari Japanese Automobile Standard Organization. Badan ini yang menetapkan klasifikasi peforma oli yang digunakan mesin 4-langkah produksi Jepang. Jadi, itu bukan nama orang, bro.
JASO membagi dua tipe oli pada mesin 4-tak. Yaitu  kode MA dan MB. Mesin yang menganut sistem kopling basah atau koplingnya terendam oli (bebek dan sport) harus dituang dengan  yang klasifikasinya JASO MA.  “
JASO MB
Formula oli MA lebih lengket dan punya aditive agar bersenyawa pada kampas kopling. Kopling tidak mudah selip,” terang Rustam dari Makmur Olie di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan.
Sementara oli dengan klasifikasi JASO MB untuk mesin 4 langkah kopling kering. Di Indonesia tipe ini ada pada  matik. Oli ini sifatnya lebih licin, dibuat seperti itu karena tugasnya tidak membasahi kampas kopling. Makanya bunyi mesin matik rada  kasar. Sssst... nanti didengar pabriknya. 
Tapi, matik yang keburu diisi MA, aman saja. Itu ketimbang diisi minyak kelapa, bro. Namun disarankan tetap pakai kode MB,  agar mudah bersirkulasi di dalam mesin. “Tapi kalau MB dituang ke bebek atau sport, pasti akan terasa kopling selip. Gas sudah tinggi, tapi motor lari di tempat,” tambah Mekanik punggawa Milenium Motor limboto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar