Minggu, 28 Juli 2013

Setting Karburator Motor, Pasang Kenalpot Racing (Harian)


Tuh yang kecil disebut pilot-jet

Kanan pilot-jet standar dan kiri penggantinya
ManiakMotor Sebenarnya tanpa setting karbu saat ganti kenalpot racing harian 4-tak, ndak masalah. Tampilannya masih tetap racing, suaranya juga kompetisi. Tarikannya ya terasa bertambah. Lama-lama efeknya ke mesin. Ruang bakar jadi kering, ring piston yang jadi garing,  terus merambat pada silinder dinding, eh terbalik.
Semua tipe kenalpot racing adalah free flow. Sekat-sekatnya lebih sedikit dibanding standar. Itu gas sisa pembakaran lebih cepat dibuang.  “Kualitas terbagus yang mampu menaikkan tenaga  10-20%, tetap butruh setting,” kata Edi Sauntasa dari bengkel Shan Motor Racing di Jln. S. Parman, Banjarnegara, Jateng seraya bilang lonjakan tenaga paling terasa di putaran 3.000 rpm ke atas.
Sekrup angin. Putar sampai mentok ke kanan, putar lagi ke kiri 1,5 putaran
Menurut Edi macam-macam kenalpot yang telah ngetop, ada AHRS, CLD, HRP dan sebagainya. Edi bukan sales knalpot racing, tapi di bengkelnya tersedia beragam pilihan kenalpot racing, mulai dari Rp 30 ribu sampai Rp 1 Juta. Soal pilihan silakan sesuaikan dengan selera dan kondisi dompet sampeyan!
Abis itu nggak disetting nggak ada yang larang. Tetapi ingat pengantar tulisan ini. Lagian saat ini, kenalpot terkenal pada kemasannya sudah ada yang dijual bersama spuyer. “Kadang pembeli kenalpot tidak mau pusing setting sendiri, kasihan mesinnya. Makanya kami lengkapi sesuai uji coba pembuatan dan peruntukkannya,” kata Pak Eko bagian marketing AHRS di Depok.
Kenalpot AHRS sudah bersama spuyer
Eh ternyata eh ternyata, caranya simpel,  “Asal sekadar dipakai seputaran kota dan rpm bawah  cukup ganti pilot-jet naik 1 step dari standar. Honda Supra misalnya dari ukuran  asli 38 ganti  40. Juga setting ulang putaran angin dari 1-1,5 putaran balik,” urai Edi yang hobi bertrail adventure itu.
Nah, untuk ganti pilot jet, tinggal bongkar saja karburatornya. Lupa? Coba baca lagi tulisan tentang bebersih karbu. Tapi untuk atur putaran angin, ya, sudah banyak tulisannya. Tapi, tak apa pula diperagakan kembali.
Caranya, putar sekrup angin  searah jarum jam hinga mentok. Lalu, putar gas dan tahan di rpm 3000, baru kemudian putar sekrup angin berlawan arah atau putar balik (turn out). Disebut 1,5 putaran itu sama dengan sekrup berputar tiga kali atau 180o x 3.
Jangan lupa untuk memperpanjang usia kenalpot racing ada caranya.  “Sebelum dipasang diolesi oli bekas dulu pada leher knalpot. Fungsi oli ini menjadi  sepuhan minyak pada material kenalpot. Setelah knalpot dipasang hidupkan mesin dalam 2 menit, dan oli akan menguap akibat panas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar