Sama kayak Honda Beat/Vario, modifikasi fullwave Suzuki Shogun
NR, Satria FU150, dan Arashi musti “disconnect” ground spul. Tipe lain
seperti Smash 110, Spin, dan Skywave juga sama —
untuk Skywave dan Spin bisa baca artikel ini. Asalkan ketemu mana kawat stator yang nempel ke ground, tinggal ngikut langkah-langkah selanjutnya di bawah
Lanjut, ini stator milik Shogun NR … Arashi juga punya desain stator yang sama …

Stator Suzuki Shogun NR
Dan ini stator milik Satria F150 …
![stator Suzuki Satria FU150 [gajah_gendut]](http://kotsk.files.wordpress.com/2011/02/stator-suzuki-satria-fu150-gajah_gendut.jpg?w=630)
Stator Satria FU150 (tab ground ditandai lingkaran merah)
Sesuai gambar di atas, kawat spul yang terhubung ke tab GROUND spul musti dicabut/dipotong …

Kawat ground spul dicabut/dipotong
Selanjutnya ujung kawat tadi disambung dengan kabel tambahan untuk
dijadikan jalur pengisian menuju regulator fullwave (misal, regulator
Honda Tiger). Jangan lupa sambungan tadi ditutup/diisolasi dengan selang
bakar atau
shrink tube — bisa dibeli di toko listrik/elektronika atau Ace Hardware — Instalasi lengkapnya bisa lihat skema di bawah ini:

Skema fullwaving Suzuki Shogun NR
Saya saranin pakai regulator/kiprok yang original, karena regulasi
voltasenya lebih bagus, terutama tuk Satria FU150 yang pakai speedometer
digital. Speedometer ini gak bisa kena voltase di atas 16VDC, karena
bakal ngedip dan nge-reset. Cara kedua, dengan membatasi (regulasi)
voltase di jalur suplai ke speedometer agar voltasenya nggak melebihi
16VDC, misal dengan menggunakan IC LM7812 atau LM7815.
Gan...ga over cas jdi nya nti dy saat lampu dmatikan...
BalasHapus