Rabu, 18 September 2013

Fullwaving Suzuki Shogun NR / Satria FU150 / Arashi


Sama kayak Honda Beat/Vario, modifikasi fullwave Suzuki Shogun NR, Satria FU150, dan Arashi musti “disconnect” ground spul. Tipe lain seperti Smash 110, Spin, dan Skywave juga sama — untuk Skywave dan Spin bisa baca artikel ini. Asalkan ketemu mana kawat stator yang nempel ke ground, tinggal ngikut langkah-langkah selanjutnya di bawah :D
Lanjut, ini stator milik Shogun NR … Arashi juga punya desain stator yang sama …
Stator Suzuki Shogun NR
Dan ini stator milik Satria F150 …
Stator Satria FU150 (tab ground ditandai lingkaran merah)
Sesuai gambar di atas, kawat spul yang terhubung ke tab GROUND spul musti dicabut/dipotong …
Kawat ground spul dicabut/dipotong
Selanjutnya ujung kawat tadi disambung dengan kabel tambahan untuk dijadikan jalur pengisian menuju regulator fullwave (misal, regulator Honda Tiger). Jangan lupa sambungan tadi ditutup/diisolasi dengan selang bakar atau shrink tube — bisa dibeli di toko listrik/elektronika atau Ace Hardware — Instalasi lengkapnya bisa lihat skema di bawah ini:
Skema fullwaving Suzuki Shogun NR
Saya saranin pakai regulator/kiprok yang original, karena regulasi voltasenya lebih bagus, terutama tuk Satria FU150 yang pakai speedometer digital. Speedometer ini gak bisa kena voltase di atas 16VDC, karena bakal ngedip dan nge-reset. Cara kedua, dengan membatasi (regulasi) voltase di jalur suplai ke speedometer agar voltasenya nggak melebihi 16VDC, misal dengan menggunakan IC LM7812 atau LM7815.

1 komentar: